Rabu, 26 September 2018

Jenis-Jenis Modul ERP yang Cocok untuk Bisnis Anda

Saat ini sudah banyak perusahaan atau bisnis yang menggunakan aplikasi atau software ERP untuk menunjang aktifitas bisnis mereka. Solusi ERP sudah dikenal sebagai solusi untuk mendapatkan laporan dari seuruh departemen dalam satu perusahaan. ERP software ini tentunya akan menguntungkan dari segi manajemen karena dengan laporan komprehensif ini akan memudahkan manajemen untuk mengidentifikasi berbagai masalah.
Dalam artikel kali ini akan diberikan beberapa jenis modul ERP yang mungkin bisa digunakan untuk meningkatkan produktifitas bisnis Anda.

Sistem POS
Modul POS atau Point of Sale biasanya lebih banyak digunakan untuk bisnis ritel dan grosir. Banyak sekali fitur yang bermanfaat dari sistem POS ini, bisa untuk melacak barang yang diinginkan dengan cepat, melacak riwayat penjualan, hingga proses check out yang lebih cepat sehingga memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik.

CRM
Modul CRM atau customer relation management akan lebih relevan dengan industri yang memiliki supplier sebagai pelanggan mereka untuk mengelola customer dan aktivitas penjualan secara mudah. Kelola pelanggan dan catatan peluang serta propek mereka melalui sistem CRM yang terpusat dan terintegrasi.

Manajemen Gudang
Modul yang satu ini berfungsi untuk menangani data gudang yang terhubung dengan perusahaan Anda. Biasanya modul ini digunakan oleh bisnis grosir, pertanian, produksi dan masih banyak lagi. Gunakan modul ini untuk meringankan aktifitas pergudangan sekaligus memantau pergerakan barang di gudang melalui suatu sitem database yang memungkinkan user menggunakan kontrol detail.

Sistem Manajemen Inventaris
Modul ini sangat penting untuk mengelola persediaan barang atau produksi atau dengan kata lain pengelolaan inventaris. Modul ini akan terintegrasi dengan penjualan, pembelian dan pergudangan. Dengan fitur yang lengkap dan mudah digunakan, Anda dapat mengelola vendor, stok, pembeli dan dan pesanan dari satu aplikasi saja, sehingga lebih menghemat biaya operasional. Sistem ini dapat digunakan untuk bisnis yang memproduksi banyak barang seperti bisnis toko online alat teknik dan alat pertukangan yang membutuhkan sistem manajemen gudang agar stok produksi di gudang dapat terpantau.

Sebetulnya selain modul-modul diatas, masih ada banyak lagi modul  ERP Software yang bisa bermanfaat untuk bisnis Anda seperti manajemen sistem informasi, sistem akuntansi, HRM (Human Resource Management), Sistem Keuangan, Manajemen Gudang dan masih banyak lagi.
Load disqus comments

0 komentar