Senin, 31 Desember 2018

Cara Memperbanyak ASI yang Eksklusif untuk Bayi

ASI yang eksklusif merupakan ASI yang diberikan dari bayi lahir sampai dengan usia enam bulan. ASI eksklusif sangat penting untuk membuat pertumbuhan dan perkembangan bayi menjadi optimal. Ini cara memperbanyak asi yang eksklusif untuk bayi. Anda bisa menerapkannya dengan mudah.

Pijat Payudara
Cara pertama yang bisa Anda terapkan adalah memijat payudara. Sebelum dipijat bersihkan terlebih dahulu bagian sekitar payudara. Anda bisa menggunakan baby oil untuk membersihkan payudara dengan aman sebelum memijat.

Lakukan pijatan dengan memilin-milin puting dan utamakan pijat bagian lipatan-lipatan di ujung puting. Anda juga bisa membersihkan dengan menggunakan handuk basah pada sekitar payudara sebelum dipijat. Lakukan pijatan pada payudara ini secara rutin diutamakan pada setiap pagi hari.

Kompres Payudara
Setelah memijat payudara dilakukan, Anda juga bisa memperbanyak ASI dengan melakukan kompres pada payudara dengan menggunakan handuk. Rendam handuk dengan air hangat, peras, dan kompreskan pada bagian payudara. Payudara akan melunak dan merangsang kelenjar susu untuk memproduksi ASI lebih banyak lagi.

Konsumsi Makanan Pelancar ASI
Cara memperbanyak ASI yang bisa Anda terapkan secara rutin adalah mengonsumsi makanan pelancar ASI. Bisa memilih untuk mengonsumsi buah di antaranya ada Semangka, Pepaya, dan Jambu Air. Jika Anda menyukai sayuran bisa mengonsumsi Pare atau Bayam untuk meningkatkan produksi ASI.

Jika suka makan atau camilan, Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan untuk menambah produksi ASI. Bisa Kacang Tanah Merah, Kacang Hijau, atau Kacang Almond. Anda bisa mengolahnya sesuai dengan selera. Konsumsi secara rutin agar peningkatan jumlah lebih cepat.

Gunakan KB yang Tepat
Buat Anda yang setelah melahirkan langsung menggunakan KB, pilihlah KB yang tidak berdampak pada kualitas ASI. Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada tenaga medis yang bersangkutan. Tujuannya untuk mendapatkan KB yang tidak mempengaruhi hormon untuk memproduksi ASI.

Minum Air Putih
Produksi ASI yang tidak optimal dapat disebabkan karena kurangnya cairan di dalam tubuh. Anda bisa meningkatkan jumlah ASI yang diproduksi dengan mengonsumsi air putih secara cukup minimal 10 gelas sampai 12 gelas. Pastikan selama menyusui tidak mengalami dehidrasi agar ASI dapat diproduksi tanpa adanya kendala.

Menyusui secara Rutin
Sekalipun ASI Anda tidak banyak tetap harus menyusui secara rutin dengan waktu setiap 2 atau 3 jam sekali. Tujuannya untuk memberikan rangsangan kepada kelanjar susu agar terus memproduksi ASI yang dibutuhkan oleh bayi. Isapan dari bayi akan menjadi rangsangan terbaik untuk memperbanyak produksi ASI.

Tidak perlu terlalu lama pada setiap kali sesi, Anda bisa menyusui secukupnya saja yang penting ada dilakukan secara berkala. Saat menyusui pastikan Anda melakukannya secara bergantian untuk bagian kiri dan kanan. Menyusui bayi dalam keadaan telanjang sehabis mandi juga menjadi cara yang ampuh sekali untuk merangsang kelanjar susu.

Posisi Menyusui
Memperbanyak ASI yang keluar juga bisa didapatkan dengan menerapkan posisi menyusui yang paling nyaman. Pastikan bayi Anda merasa nyaman untuk menghisap ASI yang dimiliki. Cobalah beberapa posisi dan lihat kelincahan bayi dalam mengisap ASI. Pastikan juga posisi yang dilakukan tidak membuat bagian payudara Anda terhimpit atau pun tertekan dengan kuat.

Terapkan cara memperbanyak ASI ini dengan bertahap dan jadikan sebagai rutinitas. Anda akan melihat perubahan produksi ASI yang dialami dalam waktu dekat. Ilmu parenting lainnya untuk merawat atau mengasuh bayi serta pemberian nutrisinya bisa didapatkan di parentingclub.co.id. Persiapkan diri Anda untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan bayi.
Load disqus comments

0 komentar