Senin, 17 Desember 2018

Urutan untuk Memperkenalkan Makanan Pendamping ASI untuk Bayi

Urutan untuk Memperkenalkan Makanan Pendamping ASI untuk Bayi adalah apa yang dapat Anda lihat di artikel ini. Sebagian besar bayi siap untuk mulai mengonsumsi makanan padat sebagai pendamping ASI pada usia 6 bulan. Saat ini, proses belajar makan anak-anak juga penting untuk berlatih mengonsumsi makanan sehat. Tapi ingat, Ibu, bahwa makanan ini bersifat komplementer dan bukan untuk asupan ASI atau susu formula sebagai nutrisi utama bayi setiap hari.

Penting bagi Ibu untuk menunggu bayinya sampai dia siap untuk diberikan makanan pendamping asi untuk bayi ini. Penelitian menunjukkan bahwa bayi dapat memperoleh nutrisi yang dibutuhkan dari ASI atau susu formula hingga enam bulan. Selain itu, menunggu bayi siap memberi waktu bagi perkembangan sistem pencernaan. Dapat mencerna makanan padat.

Pastikan bayi siap untuk mulai makan pendamping ASI. Kesiapan dapat dilihat dari halaman dan beberapa tanda berikut:
  • Anak-anak kecil suka meletakkan tangan atau mainan mereka ke mulut mereka.
  • Bayi dapat duduk dan berdiri dalam posisi sempit secara konsisten, meskipun mereka masih membutuhkan pasir untuk tubuh.
  • Dia tertarik pada apa yang dimakan Ibu, misalnya dengan mengatakan "aah" untuk melihat orang dewasa makan atau dia mengambil tikus atau roti.
  • Dia bisa menarik bibir bawahnya untuk mengambil makanan dari sendok.
Anda dapat menggunakan MPASI dari jenis bertekstur lembut dan bayi yang telah disesuaikan dengan kebiasaan makan yang baru. Apa yang bisa kau lakukan?

Makanan Pertama
Mulai dengan menggunakan makanan lunak atau dihaluskan sebagai awalan untuk Si Kecil. Pilihannya bisa bubur nasi, atau sereal bayi. Sesekali beri sayuran dan buah-buahan rebus, seperti kentang, wortel, ubi, apel, atau pir. Buah-buahan lunak seperti melon juga bisa diberikan nyata. Langkah pertama dilakukan pertama, yaitu Si Kecil yang tidak dapat digunakan untuk satu atau lebih. Berikan 3-5 hari untuk memperkenalkan setiap jenis makanan baru.

Bagaimana Cara Anda Memberikan Makanan Pendamping ASI untuk Si Buah Hati?
Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui reaksi bayi terhadap makanan yang diberikan, apakah makanan menyebabkan diare, muntah, atau ruam. Jika ada hal-hal seperti itu, berhentilah dengan dokter Anda dan konsultasikan dengan dokter anak. Setelah selesai, izinkan ibu untuk menawarkan makanan dalam bentuk kombinasi beberapa jenis.

Sementara itu, dalam menyediakan sereal bayi, Anda dapat mencampur satu sendok makan sereal dengan sekitar empat sendok makan atau 60 ml ASI dan susu formula. Beri makan sereal dengan sendok kecil dua kali sehari setelah bayi menyusu.

Secara bertahap, membuat alam lebih kental dan meningkatkan kebalikannya. Pastikan untuk menyediakan sereal khusus bayi. Anda dapat memilih sereal yang diperkaya dengan besi, oatmeal atau gandum, atau sereal beras. Namun, menyediakan berbagai jenis makanan masih dikhawatirkan jika hanya gemetar, bayi berisiko terkena tayangan arsenik yang berlebihan.

Camilan
Setelah terbiasa makan makanan lunak, Anda bisa menyediakan makanan jari. Makanan jari adalah makanan yang disingkat oleh jari-jari ibu dan mudah digenggam dan dimakan oleh bayi. Anda dapat memberikan pisang matang atau potongan alpukat sebagai makanan jari. Mungkin bayi akan belajar dengan mereka dan memasukkannya ke dalam mulut, tetapi kemudian pada 8-10 bulan, biasanya si kecil dapat memakan makanan jari dalam porsi yang sedikit lebih besar.

Makanan Lanjutan
Jika bayi bisa makan seperti dua kali, maka dia sudah bisa menggunakan makanan yang lebih kompleks. Makanan seperti ayam, daging, mie, roti, nasi, dan telur rebus aman untuk diberikan nyata. Tapi makanannya sangat mudah dimakan dan makan tersedak.

Sejak enam bulan, bayi dapat diberi produk susu berlemak, seperti yoghurt, tetapi memprioritaskan mereka tanpa tambahan gula atau hanya memiliki sedikit gula. Anda juga dapat mengumumkan makanan yang dimasak dalam campuran susu sapi.

Minum dari cangkir
Minuman bayi langsung dari cangkir atau gelas setelah operasi enam bulan. Cara ini akan membantu kemampuannya untuk minum serta baik untuk perkembangan gigi.

Makan Tiga Kali Sehari
Jika awalnya bayi makan cukup dua kali sehari, tetapi dengan menerapak makanan pendamping ASI ini setelah generasi 8-9 bulan, ia sudah mulai bisa makan tiga kali sehari. Kemudian pada usia 12 bulan, ia biasa makan tiga kali sehari plus makanan ringan. Selain itu, mulai dari 12 bulan, bayi bisa minum susu sapi. Pilih produk susu penuh lemak karena anak-anak di bawah dua tahun membutuhkan tambahan dan vitamin untuk perkembangan fisik mereka.
Load disqus comments

0 komentar