Rabu, 15 April 2020

7 Hal yang Sebaiknya Dilakukan ODP Covid 19 Sebelum Menjalani Test Corona

Wabah seperti virus corona ini memang pernah menjangkiti dunia juga satu abad yang lalu, hanya saja perlahan juga membaik meskipun harus memakan banyak korban. Apalagi ia tidak sampai tersebar ke berbagai belahan dunia. Hal ini disebabkan perkembangan zaman menyebabkan saat ini manusia bisa melakukan mobilisasi secara lebih mudah. Pergerakan atau perpindahan inilah yang membuat virus tersebut lebih mudah dibawa ke berbagai penjuru negara lain. Bahkan terkadang orang yang tampak sehat belum tentu tidak membawa virus tersebut di dalam dirinya. Hanya dilakukan test corona untuk membuktikannya.

Dengan jumlah penduduk yang cukup banyak, memang membuat pemerintah tidak bisa melakukan test tersebut ke setiap warganya. Bahkan untuk mereka yang sudah merasakan gejalanya saja belum tentu nantinya akan di tes, apalagi juga sejalan dengan keterbatasan sarana dan prasarana untuk test yang dibutuhkan. Gejala dari virus yang satu ini mirip seperti flu biasa, sehingga banyak yang terkadang tidak menyadari bahwa sebenarnya ia sedang terjangkit Covid 19.

Bagi orang-orang yang sudah naik tingkatannya dari ODP kemudian menjadi PDP biasanya baru akan dilakukan tes darah dengan uji lab. Untuk melihat apakah ia benar-benar positif terjangkit ataukah tidak. Adapun juga bagi Anda yang masih masuk kategori ODP sebaiknya menerapkan beberapa langkah berikut ini, jadi nantinya virus tersebut juga akan tidak akan menyebar kepada yang lainnya, yaitu:

1.    Jangan keluar rumah, usahakan untuk tetap mengisolasi diri di dalam rumah, kecuali memang Anda keluar dengan tujuan adalah untuk mendapatkan pengobatan penyakit tersebut.
2.    Tinggallah terpisah dengan orang lain untuk sementara waktu, sangat disarankan jika seandainya masuk dalam kategori ODP ini hendaknya harus tinggal terpisah dengan orang-orang rumah atau keluarga Anda. Jika tidak memungkinkan melakukan hal tersebut, maka bisa menggunakan kamar dan juga kamar mandi yang berbeda, agar tidak memicu penularan penyakit.
3.    Jangan menerima kunjungan dari orang lain yang ingin menjenguk Anda, sebisa mungkin bahkan Anda harus menolak orang yang ingin mengunjungi tersebut, kecuali memang sudah dinyatakan benar-benar sembuh dan terbebas dari virus, maka tidak masalah jika seandainya ada yang ingin mengunjungi.
4.    Jangan melakukan pertemuan dengan orang yang sedang sakit juga, apalagi memiliki riwayat penyakit tertentu, biasanya jika sampai tertular maka kondisi mereka akan semakin parah, karena bisa memicu terjadinya komplikasi.
5.    Hindari berbagi pemakaian alat makan maupun minum, begitu juga dengan alat mandi orang lain, karena sarana semacam ini nyatanya juga berpotensi untuk menularkan penyakit tersebut.
6.    Gunakanlah masker dan sarung tangan jika seandainya tengah berada di tempat umum, seperti diantaranya adalah Anda sedang dalam perjalanan untuk mendapatkan pengobatan. Pemakaian alat pelindung diri ini berguna untuk mencegah orang lain akan tertular penyakit tersebut.
7.    Ketika tengah batuk dan juga bersin sebaiknya Anda menggunakan tisue untuk menutupinya, setelah itu baru buanglah tisue tersebut ke tempat sampah. Upayakan juga setelahnya memakai hand sanitizer maupun dengan mencuci tangan menggunakan sabun agar lebih efektif.

Itulah setidaknya beberapa hal yang harus dilakukan oleh ODP Covid 19 sebelum melakukan test corona nantinya, sehingga jika seandainya terbukti positif paling tidak Anda tidak menularkan penyakit tersebut kepada orang lain yang ada di sekitar Anda atau keluarga tercinta. Semuanya akan tetap aman dan dapat memutus rantai persebaran penyakit.
Load disqus comments

0 komentar